Senin, 28 Oktober 2013

SUMPAH PEMUDA , apa sumpahmu???

Ir.Soekarno (doc. google)


SOEMPAH PEMOEDA

Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA


Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA


Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA


Djakarta, 28 Oktober 1928


Apa sumpahku??? 
"Aku bersumpah agar menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan negara."
How about you??

Pemuda, merupakan cikal bakal penerus bangsa .Tanpa pemuda,negara Indonesia ini belum pasti terbentuk, belum pasti Bendera Indonesia berkibar tepat tanggal 17 Agustus 1945 ,belum pasti adanya Lagu Indonesia Raya , belum pasti DUNIA mengenal kata INDONESIA.

Sebenarnya arti pemuda itu apa sih ?


Definisi pemuda (doc. KBBI)



Defition of Youth (doc. Oxford)

Ini terjemahan dari pengertian dalam kamus Oxford 
kata benda (plural pemuda / ju ː dz /)

     1 [dalam bentuk tunggal] periode antara masa kanak-kanak dan usia dewasa: ia telah menjadi olahragawan yang tajam di masa mudanya
     [kata benda massa] kualitas semangat, kesegaran, atau ketidakdewasaan yang dikaitkan dengan menjadi muda: dia membayangkan dirinya pemuda dan kecantikan memudar
     tahap awal dalam pengembangan sesuatu: sektor penerbitan ini tidak lagi di masa muda nya

     2a pria muda: ia diserang oleh sekelompok pemuda
     [diperlakukan sebagai tunggal atau jamak] orang-orang muda dianggap sebagai kelompok:                   pemuda kulit hitam telah mengalami tingkat tinggi diskriminasi ras [sebagai pengubah]:budaya pemuda

Negara Asal:
Old English geoguth, asal Jermanik, terkait dengan Belanda jeugd, Jerman Jugend, juga untuk muda



Nah,itu ada beberapa pengertian kata pemuda atau bahasa gaulnya  youth . Kira-kira apa ya pemuda itu? Dari segi umur bisa kita perkirakan bekisar antara umur 12 - 40an .Mereka yang memiliki semangat tekad tinggi ikut andil dalam perjuangan bangsa melawan penjajah. Eits, itu  versi dahulunya, di era Inggris,Belanda,Jepang menginjakkan kaki di bumi Indonesia tercinta . 

Perjuangan di masa itu sangatlah berat ,sangatlah berbeda keadaannya di masa sekarang yang serba digital ,praktis,canggih ,dan juga pemikiran serta doktrin yang lebih luas  dan beragam . Inilah senjata yang dipakai zaman sekarang ini, bukan lagi bambu runcing,panah ,busur,kapak(mau motong hewan kurban pak?) .

Kan sekarang udah gak dijajah lagi pak? Eits wait wait, jangan kira salah(kebalik bung!) ,perjuangan itu masih berlanjut , hanya bertransformasi ke dalam bentuk yang canggih .Makanya pemuda kini, lo musti rajin-rajin belajar ,baca buku,baca-baca informasi,kenali negri ini,jangan cuman pas event wilayah dan budaya kita dicaplok negara lain baru menjadi beringas.Kan informasi mudah sekali didapatkan,jadi gak ada alasan kita sebagai pemuda untuk bilang gak tau atau istilah gaulnya EGP (Emak ,gue pinter..) .

Jadi, kita musti kudu belajar nih, jangan mau ketinggalan sama negara lain, terserah disiplin ilmu kamu apa, bisa teknologi, seni, sastra, bahkan game juga bisa , asal bisa bermanfaat buat bangsa dan negara. 

Kebanyakan pemuda lebih asik dengan hal-hal yang gak jelas sama sekali, kaya tawuran -nyemprot-nyemprot air pipis (baca : air keras) ,bakar2 ban mobil bapaknya, mending rame-rame bakar sampah kan lebih ada manfaatnya toh. Begitu pun dengan pemudi, kebanyakan pergi ngabisin duit beli yang gak berguna ,teman beli barang A, kita juga beli barang A, begitupun seterusnya , mending kalo barangnya kepake, ini malah dianggurin di kamar numpuk.

Tips jadi pemuda-pemudi  bangsa Indonesia :
  • Perlahan namun pasti kenali bangsa ini . Ada istilahnya "Tak kenal maka tak sayang ,tak sayang maka tak cinta"  itu betul adanya .Kita bisa baca buku,tanya-tanya dengan informan/narasumber yang jelas,browsing apalagi..
  • Hemat beb...Kita gak mau kan berjuang pake modal dengkul, mulai saat ini nabung buat masa depan .
  • Kontinue /Istiqomah terhadap disiplin ilmu . Percaya deh, apa pun yang kamu minati dan dijadikan sumber hidupmu, pasti berguna bai bangsa ini.
  • Doa . Doa memang senjata ampuh untuk menolak bala dan juga senjata hebat perjuangan kita .
  • Keep smile :) (sambil goyang YKS)






0 komentar:

Posting Komentar